|
|
PK Guru Kelas/Mata
Pelajaran
Sumber :
- Peraturan Menteri Pendidikan nasional16/2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
·
BSNP
versi 6.0. 11/2008 Kerangka Indikator untuk Pelaporan Pencapaian Standar
Nasional Pendidikan: Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Kompetensi
|
Cara
menilai
|
Pedagogik
|
|
1.
Menguasai karakteristik peserta didik.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
2.
Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik.
|
Pengamatan
|
3.
Pengembangan kurikulum.
|
Pengamatan
|
4.
Kegiatan pembelajaran yang mendidik.
|
Pengamatan
|
5.
Pengembangan potensi peserta didik.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
6.
Komunikasi dengan peserta didik.
|
Pengamatan
|
7.
Penilaian dan evaluasi.
|
Pengamatan
|
Kepribadian
|
|
8.
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial,
dan kebudayaan nasional.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
9.
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
10.
Etos Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga
menjadi guru.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
Sosial
|
|
11.
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak
diskriminatif.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
12.
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
|
Pemantauan
|
Profesional
|
|
13.
Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
|
Pengamatan
|
14.
Mengembangkan Keprofesionalan melalui tindakan yang
reflektif.
|
Pemantauan
|
Keterangan
Pengamatan : adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru
melalui diskusi sebelum pengamatan, pengamatan selama pelaksanaan proses
pembelajaran, dan diskusi setelah pengamatan.
Pemantauan : adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui
pemeriksaan dokumen, wawancara dengan guru yang dinilai, dan/atau wawancara
dengan warga sekolah.
|
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS / GURU MATA PELAJARAN
Nama Guru : ____________________________________________
NIP/Nomor Seri Karpeg :
____________________ /_______________________
Pangkat /Golongan Ruang :
____________________ /_______________________
Terhitung Mulai Tanggal
NUPTK/NRG : ____________________________________________
Nama sekolah dan
alamat : ____________________________________________
____________________________________________
di sekolah ini : ____________________________________________
Bulan Tahun
Periode
penilaian : ____________________________________________ (tanggal,
bulan, tahun) (tanggal, bulan, tahun)
PERSETUJUAN
(Persetujuan ini harus ditandatangani oleh penilai dan guru yang
dinilai)
|
|||
Penilai
dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca dan mamahami semua aspek yang
ditulis/dilaporkan dalam format ini
dan menyatakan setuju.
|
|||
Nama
guru
|
Nama
penilai
|
||
Tanda
tangan
|
Tanda
tangan
|
||
Tanggal
|
__bulan____
tahun_____
|
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar
setiap peserta didik di kelasnya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru memastikan bahwa semua peserta didik
mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan
kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik
dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan
perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan
peserta didik lainnya.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi
kekurangan peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan
fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta
didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 1
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
|
12
|
||
Persentase
= (total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 1
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi
2 : Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
||||
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
||||
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
||||
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
||||
Indikator
|
Skor
|
|||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
||
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya
melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
|
0
|
1
|
2
|
|
2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta
didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas
pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
|
3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
|
4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk
memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
|
5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang
saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran
maupun proses belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
|
6. Guru memperhatikan respon peserta didik yang
belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya
untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
0
|
1
|
2
|
|
Total
skor untuk kompetensi 2
|
||||
Skor maksimum
kompetensi 2 = jumlah indikator × 2
|
12
|
|||
Persentase = (total
skor/12) × 100%
|
||||
Nilai
untuk kompetensi 2
(0%
< X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% <
X ≤ 100% = 4)
|
||||
Kompetensi
3 : Pengembangan
kurikulum
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1. Guru dapat menyusun
silabus yang sesuai dengan kurikulum.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru merancang rencana
pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu
agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mengikuti urutan
materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memilih materi
pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan
mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik,
dan d) dapat dilaksanakan di kelas e) sesuai dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 3
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 3 = jumlah indikator × 2
|
8
|
||
Persentase
= (total skor/8) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 3
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi
4 : Kegiatan
Pembelajaran yang Mendidik
Nama Guru : ………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………..
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 4 :
Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1. Guru melaksanakan
aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara
lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru
mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang
bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji
sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya
materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta
didik.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta
didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang
harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik
lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum
memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi
kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta
didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi
dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia
dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa
mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta
dapat termanfaatkan secara produktif.
|
0
|
1
|
2
|
8.
Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang
dirancang dengan kondisi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
9.
Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik
lain.
|
0
|
1
|
2
|
10. Guru mengatur
pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses
belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah
mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11. Guru menggunakan alat
bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 4
|
|||
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2
|
22
|
||
Persentase = (total skor/22 ) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi 5 :
Memahami
dan mengembangkan potensi
Nama
Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1.
Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala
bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat
kemajuan masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan
kecakapan dan pola belajar masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru secara aktif membantu peserta didik dalam
proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang
bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta
didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan
peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang
disampaikan.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 5
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 5 = jumlah
indikator × 2
|
14
|
||
Persentase
= (total skor/14 ) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 5
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi
6 : Komunikasi
dengan peserta didik
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………..
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
Seluruhnya
|
|
1.
Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui
pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan
pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan
pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua
pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika
diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara
tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum,
tanpa mempermalukannya.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat
menumbuhkan kerja sama yang baik antar pesertadidik.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap
semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk
mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan
peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan
kebingungan pada peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 6
|
|||
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator ×2
|
12
|
||
Persentase = (total skor/12 ) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi
7 : Penilaian
dan evaluasi
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………..
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
Seluruhnya
|
|
1. Guru menyusun alat
penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi
tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru melaksanakan
penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal
yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada
peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang
telah dan akan dipelajari.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menganalisis hasil
penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui
kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial
dan pengayaan.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memanfaatkan
masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan
pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal
pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru memanfatkan hasil
penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan
selanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 7
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 7 = jumlah
indikator × 2
|
10
|
||
Persentase
= (total skor/ 10) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 7
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Nama
Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………..
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
Seluruhnya
|
|
1.
Guru menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip
Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan
dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku,
agama, dan gender).
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat
sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai
bangsa Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru mempunyai pandangan yang luas tentang
keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 8
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 8 = jumlah indikator × 2
|
10
|
||
Persentase
= (total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 8
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi 9 :
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
Nama
Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1. Guru bertingkah laku
sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta
didik, orang tua, dan teman sejawat.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mau membagi
pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk
mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mampu mengelola
pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik,
sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi
aktif dalam proses pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru bersikap dewasa
dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik
sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 9
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 9 = jumlah indikator × 2
|
10
|
||
Persentase
= (total skor/ 10) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 9
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi 10 :
Etos
kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga menjadi guru
Nama
Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………..
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa
bangga menjadi
guru
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1. Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
|
0
|
1
|
2
|
2. Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan
melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru
piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru memenuhi jam mengajar
dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin
dan persetujuan pengelola sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru meminta ijin dan
memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika
tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses
pembelajaran di kelas.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru menyelesaikan semua
tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar
yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memanfaatkan waktu
luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru memberikan kontribusi
terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif
terhadap nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
8.
Guru merasa bangga dengan
profesinya sebagai guru.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 10
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 10 = jumlah indikator × 2
|
16
|
||
Persentase
= (total skor/ 16) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 10
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………..
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil,
memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa
memperdulikan faktor personal.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman
sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua
diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan
tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta
didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 11
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 11 = jumlah indikator × 2
|
6
|
||
Persentase
= (total skor/ 6) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 11
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesama
guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………...
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan,
kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam
pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman
sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar
pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat
memberikan bukti keikutsertaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari
masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam
kegiatan sosial di masyarakat.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 12
|
|||
Skor maksimum kompetensi 12 = jumlah indikator × 2
|
6
|
||
Persentase = (total skor/ 6) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 12
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi 13 : Penguasaan materi struktur
konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi seluruhnya
|
|
1. Guru melakukan pemetaan
standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya,
untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu
yang diperlukan.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru menyertakan
informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menyusun materi,
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat,
mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 13
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 13 = jumlah
indikator × 2
|
6
|
||
Persentase
= (total skor/ 6) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 13
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi
14 : Mengembangkan keprofesian
melalui tindakan reflektif
Nama
Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai : ……………………………………………………………………………………………………………...
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian untuk Kompetensi
14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi seluruhnya
|
|
1.
Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik,
lengkap, dan didukung dengan contoh
pengalaman diri sendiri.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan
dari kolega atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang
menggambarkan kinerjanya.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk
mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB).
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam
perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya
inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan aktif
dalam melaksanakan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan
pelaksanaan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 14
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 14 = jumlah indikator × 2
|
12
|
||
Persentase
= (total skor/ 12) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 14
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
a.
Nama : …………………………………............................
b.
N I P : …………………………………............................
c.
Tempat/Tanggal Lahir : ……………………………/.…............................
e.
TMT sebagai guru : …………………………………............................
Telp / Fax :
…………………………………….........................
Provinsi : ……………………………………......................... (
Periode penilaian
(16)
………………………....
sampai ……………………..........
(tanggal, bulan, tahun) (tanggal, bulan, tahun)
|
Formatif
|
Tahun
……………..
|
|
Sumatif
|
|||
Kemajuan
|
NO
|
K O M P E T E N S I
|
NILAI *)
|
A. Pedagogik
|
||
1.
|
Menguasai karakteristik peserta didik
|
|
2.
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
|
|
3.
|
Pengembangan kurikulum
|
|
4.
|
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
|
5.
|
Pengembangan potensi peserta didik
|
|
6.
|
Komunikasi dengan peserta didik
|
|
7.
|
Penilaian dan evaluasi
|
|
B.
Kepribadian
|
||
8.
|
Bertindak sesuai dengan
norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
|
|
9.
|
Menunjukkan pribadi yang dewasa
dan teladan
|
|
10.
|
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa
bangga menjadi guru
|
|
C. Sosial
|
||
11.
|
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta
tidak diskriminatif
|
|
12.
|
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga
kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
|
|
D.
Profesional
|
||
13.
|
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola
pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|
14.
|
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang
reflektif
|
|
Jumlah (Hasil penilaian kinerja
guru)
|
*) Nilai diisi berdasarkan laporan dan evaluasi
PK Guru. Nilai minimum per kompetensi = 1 dan nilai maksimum = 4
………………………………….., …………........
|
|
Guru
yang Dinilai
Penilai
Kepala Sekolah
(...........................) . (............................) . (.............................)
|
|
a.
Nama :
……………………………………………………………………
N I P :
……………………………………………………………………
Tempat/Tanggal Lahir : ……………….…………………/.…............................
Pangkat/Jabatan/Golongan : ……………………....…………/….............................
TMT sebagai guru
: ………………………………………..............................
Masa Kerja : ……........ Tahun ....…..Bulan
Jenis Kelamin :
L / P
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi : …………………………/….………...............................
Program Keahlian yang diampu : ……………………………….………..............................
b.
Nama Instansi/Sekolah :
…………………………….…………..............................
Telp / Fax : …………………………….…………..............................
Kelurahan : …………………………….…………..............................
Kecamatan : …………………………….…………..............................
Kabupaten/kota : …………………………….…………..............................
Provinsi : ………………………………………..............................
|
|||||
|
|||||
Angka Kredit satu tahun = (AKK – AKPKB – AKP) x
(JM/JWM) x NPK
|
|||||
…………………………………..,
………………..
|
|||||
Guru yang dinilai
|
Penilai
|
Kepala Sekolah
|
|||
(……………………………………....)
|
(……………………………………....)
|
(………………………………………....)
|
|||
No comments:
Post a Comment