Wednesday 6 January 2016

HUKUM BACAAN NUN MATI/TANWIN DAN MIM SUKUN

Hukum bacaan nun Mati / tanwin dan mim mati adalah Materi untuk kelas VII SMP, disini akan di jelaskan mengenai pengertian dan macam -macamnya nun mati /tanwin dan mim mati beserta pertanyaannya. Untuk lebih jelas silahkan tuan, bapak/ibu guru mengamatinya, mohon maaf apabila ada kekurangan, kritik dan sarannya sangat kami harap kan,.

HUKUM BACAAN NUN SUKUN/TANWIN DAN MIM SUKUN
A.
Hukum Bacaan Nun Sukun atau Tanwin

Hukum bacaan nun sukun atau tanwin ada empat macam, yaitu izdhar,idqam,iqlab dan ikhfa

1.
Izhar


Menurut bahasa, izhar artinya jelas atau terang. Izhar adalah bacaan nun sukun (    ن   ) atau tanwin yang dibaca terang atau jelas, apabila bertemu dengan salah satu dari enam huruf izhar berikut : ا ح خ ع غ ه  


















Cara membaca nun sukun atau tanwin tersebut yaitu wajib dibaca dengan jelas atau terang tanpa mendengung.

Contoh bacaan izhar nun sukun (   ن   )
Penjelasan
tertulis
Cara membacanya
ن - ا
من ا من
Man amana
ن – ه
ينهو ن
Yan hau na
ن – ع
من علق
Min ‘alaqin
ن – غ
من غير
Min gairi

Contoh bacaan izhar dan tanwin

tertulis
Cara membacanya
غا سق ادا
Ga siqin iza
نا ر حا ميه
Narun hamiyatun

2.
Idgam


Menurut bahasa, idgam berarti memasukkan atau melebur. Tanda bacaan idgam adalah terdapatnya tanda baca tasydid diatas huruf idgam. Hukum bacaan idqam ada dua macam yaitu idgam bigunah dan idgam bilagunah

a.
Idgam Bigunah





Idgam bigunah artinya memasukkan atau meleburkan dengan mendengung. Hal ini terjadi ketika nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idgam bigunah yang empat yaitu (             ي ن م و            ), maka bunyi nun sukun atau tanwin dileburkan kedalam huruf idgam bigunah dengan mendengung.


b.



Idgam bilagunah
Idgam bilagunah artinya memasukkan atau meleburkan dengan tidak mendengung. Hal ini terjadi ketika nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idqam bilagunah
(   ل    dan       ر   ), maka bunyi nun sukun atau tanwin dileburkan ke dalam huruf idgam bilagunah dengan tidak mendengung.


3.



Iqlab
Iqlab secara bahasa artinya membalik atau menukar. Bacaan iqlab terjadi apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ba’ (      ب     ). Cara membacanya adalah bunyi nun sukun atau tanwin berubah menjadi huruf mim disertai dengan dengung dan ditekan dua harakat

4.







Ikhfa
Ikhfa artinya menyembunyikan atau menyamarkan bunyi nun sukun atau tanwin. Dikatakan ikhfa apabila nun sukun (      ن   ) atau tanwin (                        ) bertemu dengan salah satu dari 14 huruf ikhfa.




B.
Hukum bacaan mim sukun
Hukum membaca mim sukun juga termasuk salah satu bagian dari ilmu tajwid. Huruf mim sukun (       م    ) apabila bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah yang 26, maka memiliki tiga cara membacanya yaitu :

1.
Izhar Syafawi
Apabila mim sukun (     م   ) bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah selain huruf mim
(   م    ) dan huruf ba’ (     ب     ), maka hukum bacaannya disebut izhar syafawi.Cara membacanya yaitu bunyi “Ma” diucapkan dengan terang dan jelas tanpa mendengung di bibir, dengan mulut tertutup.

2.
Ikhfa Syafawi
Ikhfa syafawi artinya menyembunyikan atau menyamarkan huruf mim sukun (    م     ). Adapun cara membacanya yaitu merapatkan dua bibir dengan dibaca memdengung. Hal ini dikatakan ikhfa syafawi apabila mim sukun bertemu dengan huruf ba (      ب   ).

3.
Idgam mutamasilain (mimi)
Dikatakan idgam mutamasilain (mimi) apabila dua huruf yang sama bertemu yaitu mim sukun bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya yaitu suara mim yang pertama dileburkan ke huruf mim di depannya dengan disertai dengung.









Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.
Sebutkan hukum bacaan nun sukun / tanwin dalam ilmu tajwid ?
2.
Sebutkan hukum mim sukun ?
3.
Sebutkan huruf huruf ikhfa ?
4.
Sebutkan macam-macam idgam beserta contohnya masing-masing ?
5.
Jelaskan cara membaca iqlab ?

,

No comments:

Post a Comment

TRIBONIZ MPLS SMPN 3 BAYONGBONG