Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menguasai konsep mengenai hukum bacaan nun mati/tanwin
dan mim mati.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian nun mati/tanwin
- Pengertian mim mati
- Pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
- Pembagian hukum bacaan mim mati
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Guru bertanya
mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi
siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap
kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan nun
mati/tanwin.
·
Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian nun mati/tanwin serta pembagiannya.
2). Elaborasi
·
Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah,
ikhfa’, dan iqlab.
·
Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan
iqlab.
·
Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan mim
mati.
·
Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian mim mati serta pembagiannya.
·
Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
·
Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
- bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber
Belajar
·
Buku PAI SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
Mushaf Al-Qur’an
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Menjelaskan
pengertian nun mati/tanwin.
§ Menjelaskan
pengertian mim mati.
§ Menyebutkan
contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ jelaskan
pengertian nun mati/tanwin.
§ jelaskan
pengertian mim mati.
§ Sebutkan
contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
§ Buatlah
skema pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin!
§ Sebutkan
huruf-huruf izhar!
§ Sebutkan
huruf-huruf idgham bighunnah dan bilaghunnah!
§ Sebutkan
huruf-huruf ikhfa’!
§ Sebutkan
huruf iqlab!
§ Buatlah
skema pembagian hukum bacaan mim mati!
§ Sebutkan
huruf-huruf izhar syafawi!
§ Sebutkan
huruf-huruf ikhfa’ suafawi!
§ Sebutkan
huruf idgham mimi!
§ Apakah
perbedaan izhar khalqi dengan izhar syafawi?
|
Garut, Januari 2016
Mengetahui, Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
Dr. Kukun Rahmat, S.Pd, M.Si Usep Sehabudin, S.Ag
NIP. 195907171979121004 NIP. 197710242014091002
No comments:
Post a Comment