Thursday 27 October 2011

ENAM KONSEF GURU PROPESIONAL

Sebagai guru Propesional, haruslah bisa mempersiapkan dirinya untuk kemajuan pembelajaran. Keberhasilan Suatu Proses pembelajaran dimulai dari seorang guru, seandainya seorang guru mempersiapkan dari awal sebelum proses KBM tentang tujuan yang harus di capai. Maka tidak akan terjadi kegagalan KBM. Sebaliknya jika seorang guru hanya memperhatikan kehadirannya saja tanpa ada tujuan yang akan di hasilkan dari proses pembelajaran, tidaklah mungkin KBM itu tidak akan berpengaruh pada pengetahuan dan perkembangan anak didik. Oleh karena itu seorang guru harus mempunya konsep diri diantaranya :
1. Bekerja dengan niat ikhlas dan zuhud, ini berarti bahwa apabila seorang guru dalam mengerjakan kewajibannya didasari ikhlas dan zuhud, dia tidak akan melihat berapa banyak uang yang akan di peroleh dari hasil kerjanya, atau kewajibannya bukan untuk menaikkan pangkat atau golongan. Guru yang mempunyai konsep ini, Dia akan berusaha sekuat tenaga mentransperkan ilmunya dengan ikhlas tanpa ada tujuan khusus dalam materi atau penghargaan lainya.
2. Menanamkan rasa Tanggung Jawab sebagai seorang guru, Dalam melaksakan kewajibannya seorang pengajar harus mempertanggung jawabkan semua hasilnya pertama kepada Allah, kedua kepada siswa dan terakhir kepada pemerintah yang telah memberikan upah.
3. Mengetahui tupoksi ( Tugas pokok kompetensi) Pokus pada tupoksi merupakan usaha yang harus dilaksanakan, seperti membuat RPP,Silabus KKM menurut pemikiran sendiri.
4. Adanya kontribusi kepada Anak didik, Seorang guru harus membuktikan bahwa setelah proses pembelajaran harus bisa membentuk karakter anak dalam kehidupan sehari-harinya.
5. Adanya Koordinasi. Kordinasi secara horizontal yaitu hubungan antara sesama guru atau dengan sejawat. kedua Koordinasi secara Vertikal yaitu hubungan baik dengan Kepala Sekolah, pengawas maupun kasi.
6. Evaluasi.
Itulah konsep yang harus ada pada seorang guru propesional, semoga kita bisa melaksanakannya sehingga apa yang kita lakukan bukan semata-mata untuk kehidupan dunia saja tapi untuk kehidupan yang akan datang yaitu akhirat. amin.

No comments:

Post a Comment

TRIBONIZ MPLS SMPN 3 BAYONGBONG